HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan suatu bahasa pemrogaman yang berfungsi untuk membangun sebuah web atau halaman web. HTML bekerja dengan menggunakan kode bahasa yang memiliki arti dan fungsi pada setiap kodenya, adapun kode HTML sudah sangat banyak digunakan dalam membangun web profesional dan membangun web operasional. Web HTML dapat berjalan di platform-platform seperti Google chrome, Mozilla firefox, Internet explorer, Opera browser,dll. 


Dalam perkembangannya HTML dapat dikembangkan dan dipercantik dengan bahasa-bahasa lain seperti CSS, PHP, JAVASCRIPT,dll. HTML yang merupakan dasar pondasi dari suatu web tentu tidak kalah krusial dalam mengembangkannya. HTML memegang peranan penting dalam membangun suatu website juga dalam membangun suatu sistem operasional. Adapun bagi pemula-pemula yang ingin mengetahui teknik dan kode dasar dalam pemrogaman menggunakan HTML saya sertakan ulasan dan penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

HTML merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web, beberapa hal yang bisa dilakukan dengan HTML antara lain : 

-  Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya. 
-  Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses dari seluruh dunia 
-  Membuat online form yang bisa digunakan untuk manangani pendaftaran transakasi secara online. 
- Menambahkan objek-objek seperti image, audio, video dan juga java applet dalam document HTML. 
-  Mendukung link (menghubungkan dari satu dokumen ke dokumen lain).

Adapun perkembangan HTML dibagi menjadi 5 generasi sejauh ini, yaitu :

Perkembangan Generasi HTML

1. HTML versi 1.0 
HTML versi 1.0 kemampuan yang dimilikinya yaitu menampilkan heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal, dan miring pada suatu teks. Versi ini mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan menempatkan tes di sekelilingnya (wrapping). 

2. HTML versi 2.0 
Pada versi ini, penambahan kualitas TML terletak pada kemampuan untuk menampilkan sebuah form pada dokumen. Dengan adanya form ini maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. 

3. HTML versi 3.0 
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru sebagai contoh tabel. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2. 

4. HTML versi 4.0 
HTML versi 4.0 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampirsegala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain-lain. Kemudian lahir HTML versi 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML 4.01 menjadi standart pada tahun 1999. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML versi 4.0 yang terlebih dahulu diterbitkan (18 Desember 1997). HTML versi HTML 4.01 masih standart resmi sampai sekarang ini.

5. HTML versi 5.0 
HTML 5 merupakan perkembangan html generasi saat ini dan merupakan generasi terakhir dan mungkin akan berkembang lagi mengikuti perkembangan jaman. Beberapa fitur baru di HTML 5 seperti berikut: 
  - Unsur kanvas untuk menggambar. 
  - Video dan elemen audio untuk media pemutara. 
  - Element baru, seperti artikel, footer, header, dan navigasi. 
  - Dukungan lebih baik untuk penyimpanan offline local. Kontrol bentuk baru, seperti kalender,
 tanggal, waktu, email, URL, dan Search. 
  - Saat ini HTML 5 belum menjadi standart resmi dan masih jarang ada browser memiliki fitur penuh
 terhadap HTML 5. HTML 5 akan mungkin menjadi standart baru untuk HTML dan XHTML.

Demikian info dan ilmu singkat mengenai Perkembangan Jenis Generasi HTML dari Isman Tekno, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom “KOMENTAR”, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa, Terima kasih.


Silahkan Follow akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan Info dan Tips-Tips Teknologi TERUPDATE