Belakangan ini ada kabar menggemparkan mengenai kejadian Laptop Meledak. Kabar berita mengenai laptop meledak ini sudah sangat santer diberiktakan oleh berbagai Media Berita maupun juga Media Sosial.


    Sebenarnya sudah banyak kasus mengenai meledaknya barang elektronik, khususnya HP dan Smartphone. Namun kali ini bukan HP atau Smartphone yang menjadi objek kejadiannya, melainkan sebuah “Laptop”. Kejadian ini terjadi pada tahun 2017, menimpa seorang warga California Amerika Serikat bernama Devon Johnson.

    Awal mula kejadiannya adalah ketika "Devon Johnson" mengecas laptop DELL bertype INSPIRON-nya diatas tempat duduk. Kemudian tiba-tiba laptop tersebut pun mengeluarkan suara ledakan disertai dengan percikan api, melihat kejadian itu maka Devon respon untuk mencopot stop kontak dari aliran listrik, pada kali ini laptop masih terlihat baik-baik saja. Namun selang beberapa waktu kemudian ia malah kembali mengecas laptop tersebut, dan tak lama setelah itu laptopnya pun kembali meledak. Namun kali ini laptopnya hancur terbakar, termasuk perangkat-perangkat didalamnya.


    Pihak dari DELL sendiri sampai saat ini masih belum mengeluarkan penjelasan mengenai kejadian yang heboh tersebut. Saat ini baik dari pihak Devon Johnson bersama dengan DELL terus melakukan kajian dan penyelidikan lebih dalam.

    Dari kejadian ini dapat disimpulkan bahwa kita dihimbau agar melakukan parawatan pada charger dan baterai, hal ini tidak boleh dianggap remeh karena tentu akan mengakibatkan bahaya bagi Laptop dan juga orang-orang yang ada disekitarnya. Pada kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips dan ulasan bagaimana merawat dan melakukan Charging (CAS) dengan tepat dan benar agar terhindar dari kejadian LAPTOP MELEDAK.


Tips Mencegah LAPTOP Meledak

1.    Gunakan baterai yang layak dipakai
Baterai memegang peranan penting atas terhubungnya aliran listrik pada segala macam perangkat. Oleh karena itu, salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah BATERAI YANG LAYAK digunakan. Baik baterai Laptop maupun Netbook, keduanya harus menggunakan baterai yang layak untuk dipakai.
Adapun baterai yang tergolong “Layak digunakan” adalah baterai yang masih sehat secara fisik dan juga performanya (ketahanan).

2.    Tempatkan laptop dengan benar (baik saat di-cas atau sedang tidak di-cas)
Saya sendiri masih mendapati teman, kerabat, bahkan dosen yang melakukan hal ini. Kebanyakan yang sering saya jumpai, mereka menempatkan Laptop diatas Kulkas, dibelakang TV, disamping Rice cooker, dan masih banyak lagi. Perlu dikeyahui bahwa, tempat-tempat yang cenderung tertutup atau hangat hanya akan meningkatkan suhu laptop, hindarilah hal-hal semacam ini karena akan sangat membahayakan.
Kita dianjurkan menempatkan laptop pada area terbuka, karena hal itu sangat efektif dalam menurunkan suhu panas dari Laptop itu sendiri.

3.    Pakailah Charge (Cas) yang sehat
Selain Beterai, Charge juga menjadi aspek terpenting atas hubungan aliran listrik kepada suatu Laptop / netbook. Perhatikanlah kondisi Charger sebelum melakukan cas, jangan gunakan kembali charger yang sudah pernah rusak karena hal itu sangat membahayakan.

4.    Menggunakan pendingin laptop (FANpad)
FANpad atau Coolpad merupakan perangkat pendingin portable yang diperuntukan bagi laptop maupun netbook. Alat ini sangat bisa membantu dalam menurunkan suhu panas suatu laptop atau netbook.

Baca Juga :
- Penyebab Smartphone jamu Cepat Panas
- Kerusakan Pada Fleksibel Laptop

5.    Jangan sekali-kali SALAH dalam menggunakan baterai atau charge.
Walaupun sekilas sama, SANGAT DILARANG bagi kamu untuk menggunakan baterai yang bukan merupakan perangkatnya. Juga sama halnya dengan Charge, SANGAT DILARANG untuk menggunakan Charge dari merk atau jenis lain yang berbeda dengan laptop milik kamu. Jika kamu melakukan hal ini, maka akan sangat berakibat FATAL (cepat atau lambat).

6.    Melakukan charging (menge-cas) SECUKUPNYA
Saat Laptop atau Netbook kamu sudah terisi penuh / FULL maka segeralah untuk mencopot charger, baik saat sedang kamu pakai maupun sedang tidak kamu pakai. Hal ini dilakukan agar Charge dan Baterai kamu terawat dengan baik. Dengan ini juga menghindarkan Laptop dan Netbook kamu dari Overheat (panas berlebih).

    Dengan insiden belakangan yang terjadi, semoga bisa memberikan pelajaran bagi para pengguna Laptop atau Netbook lainnya untuk terus berwaspada dan berhati-hati dalam menggunakan Laptop atau netbook mereka. Gunakanlah Laptop / Netbook secara BIJAK dan SEWAJARNYA.

    Demikian info mengenai Fenomena Laptop Meledak dari Isman Tekno, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom KOMENTAR, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa, Terima kasih.


Silahkan Follow akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan Info dan Tips-Tips Teknologi TERUPDATE