Seperti yang sudah
saya ulaskan sebelumnya yaitu Fungsi
tombol pada tab PAGE LAYOUT Microsoft Word, pada kali ini kita akan lebih
lanjut membahas dan menjelaskan beberapa “Fungsi
tombol pada tab REFERENCES Microsoft Word”.
Tab “References” pada
Microsoft Word telah dirancang sedemikian rupa untuk mengelompokan macam-macam tombol
yang berfungsi untuk membuat suatu referensi penulisan (References) seperti Daftar
isi, Daftar pustaka, Kutipan, dan masih banyak lainnya. Langsung saja berikut
ulasan lengkap mengenai tombol-tombolnya :
Fungsi Tombol pada tab REFERENCES Microsoft Word
1.
Table Of Contents
Tombol Table of Contents ini memiliki kegunaan untuk memberikan format daftar
isi pada suatu karya ilmiah (tugas akhir, skripsi, makalah, dll), modelnya
pun ada beberapa macam.
Cara menggunakannya = klik tombol
Table of Contents pada tab REFERENCES --> plilihlah salah satu model daftar
isi yang kamu inginkan --> kemudian klik lagi --> selesai --> jika
kamu ingin menambahkan daftarnya kamu hanya tinggal meng-klik didalam kolom
tersebut kemudian isikan secara manual.
2.
Add Text
Tombol Add Text pada tab REFERENCES berfungsi untuk menambahkan tulisan
di paragraf selanjutnya pada Table of Contents tadi.
Cara menggunakannya = klik tombol
Add Text pada tab REFERENCES -->kemudian pilih style (model tulisan) yang kamu inginkan --> klik kembali -->
selesai.
3.
Update Table
Tombol Update pada tab REFERENCES memiliki fungsi untuk mengkoreksi
secara keseluruhan ketika nomor halaman (pada daftar isi) sudah kamu input
seluruhnya.
Cara menggunkannya = kamu cukup
meng-klik tombol Update table pada REFERENCES --> selesai dan format nomor
daftar pustaka kamu otomatis akan menjadi terurut.
4.
Insert Footnote
Tombol Insert Footnote ini berfungsi untuk memberikan tulisan / penjelasan
singkat diakhir bawah halaman Ms. Word, tapi kamu harus terlebih dahulu
memberikan tanda catatan (note) pada suatu tulisan terlebih dahulu.
Cara menggunakannya = klik saja Insert
footnote pada tab REFERENCES --> kemudian isikan penjelasan singkat dari
penanda tulisan yang sudah tandai terlebih dahulu.
5.
Insert Endnote
Insert Endnote pada tab
REFERENCES berfungsi untuk memberi penanda pangkat yang akan kamu berikan
penjelasan / tulisan singkat, penanda pangkat ini biasanya berupa nomor dan
terletak di akhir tulisan.
Cara menggunakannya = kamu cukup
meng-klik saja tombol Insert endnote pada tab REFERENCES --> maka secara
otomatis akan memberi penanda tulisan tersebut di akhir tulisan.
6.
Next Footnote
Tombol Insert Footnote ini berfungsi untuk memberikan tulisan / penjelasan
singkat di akhir bawah “halaman selanjutnya” Ms. Word, pada dasarnya tombol
ini bersifat sama dengan insert footnote tapi memiliki fungsi untuk memberikan
note pada “halaman selanjutnya saja”.
Cara menggunakannya = klik saja Next footnote
pada tab REFERENCES --> kemudian isikan penjelasan singkat dari penanda tulisan
yang sudah tandai terlebih dahulu.
7.
Show Notes
Tombol Show notes ini berfungsi untuk menampilkan seluruh note-note
(tulisan / penjelasan singkat) pada halaman Ms. Word.
Cara menggunakannya = cukup kamu
klik tombol Show notes tersebut maka catatan, tulisan, dan penjelasan singkat
yang sudah kamu cantunkan sebelumnya akan tampil terlihat.
8.
Insert Citation
Insert Citation
merupakan tombol pada tab REFERNCES yang berfungsi untuk membuat jurnal
sumber, daftar pustaka, dll yang bertujuan untuk memberikan sumber tulisan yang
kamu cantumkan.
Cara menggunakannya = klik tombol citation
pada tab REFERENCES -->pilih Add new source --> tentukan format sumber tulisan
yang kamu cantumkan pada “type of source” --> kemudian masukan nama penulis
(author), judul buku (title), tahun terbitan buku (year), penerbit, dll. -->
klik OK dan kutipan kamu akan otomatis tertulis dengan benar.
9.
Manage Sources
Tombol Manage Sources pada tab REFERENCES ini berfungsi untuk mencari
dan juga memberikan / menTRANSFER kutipan sumber yang sudah kamu tulis
sebelumnya terlebih dahulu.
Cara menggunakannya = cukup klik
tombol manage source tersebut dan pilihlah beberapa tulisan kutipan yang ingin
kamu cari dan masukkan. Disitu kamu juga dapat menghapus dan merubahnya sesuai
keinginan kamu.
10. Style
Tombol Style pada tab REFERENCES berfungsi untuk menentukan model
penulisan dari kutipan tersebut.
Cara menggunakannya = cukup klik
Style pada tab REFERENCES tersebut kemudian tentukan model penulisan kutipan
(seperti APA, Chicago, GB7714, Ghost, dll).
11. Bibliography
Tombol Bibliography ini berfungsi untuk menampilkan semua daftar
kutipan yang ada pada halaman Ms. Word kamu.
Cara menggunakannya = cukup dengan meng-klik
tombol Bibliography pada tab REFERENCES maka semua daftar sumber yang sudah
kamu tulis akan terlihat.
12. Insert
Caption
Tombol Insert Caption ini memiliki fungsi untuk memberikan informasi sumber
gambar atau foto yang kamu cantumkan pada halamn Ms. Word kamu. Sebenarnya tombol
ini tidak begitu perlu dan minim fungsional.
Cara menggunakannya = klik saja
tombol Insert caption pada tab REFERENCES --> tuliskan isian dengan sumber
gambar atau foto tersebut --> selesai.
13. Insert
Table Of Figures
Tombol Insert of Figures pada tab
REFERENCES memiliki fungsi untuk membuat suatu list / daftar sumber dari
semua gambar atau foto yang kamu telah cantumkan pada Ms. Word.
Cara menggunakannya = klik tombol
Insert of Figures pada tab REFERENCES tersebut --> pilih model format
daftarnya --> klik OK --> selesai.
(Pada tombol Mark Entry, Insert Index, Update Index, Mark
Citation, Insert Table Of Authorities, Update Table mungkin hanya memiliki
minim fungsi saja jadi tidak perlu dijelaskan disini)
Demikian info lengkap mengenai Fungsi
Tombol pada tab REFERENCES Ms. Word dari Isman Tekno, semoga yang sedikit ini
ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada
pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan
bertanya di kolom “KOMENTAR”, kami sangat terbuka dan menghargai
saran dan masukan pemirsa, Terima kasih.
Silahkan
Follow akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk
mendapatkan Info dan Tips-Tips Teknologi TERUPDATE
1 Komentar
good job gan
BalasHapusLampu servis hp